KECURANGAN OPERATOR SPBU

KIAT PENCEGAHAN PERMAINAN CURANG OPERATOR SPBU

Asumsi dan dugaan dasar sebagai berikut:

Terdapat 2 shift operator per hari penjualan, terjadi kecurangan di SPBU berupa pengambilan uang tunai atau memberikan BBM secara cuma-cuma kepada oknum konsumen tertentu atau untuk keperluan pribadi tanpa sepengetahuan pemilik/manager/pengawas SPBU.

Kronologis kejadian:

  1. Setelah penjualan shift 1, operator shift 2 akan masuk menggantikan operator shift 1
  2. Operator shift 1 akan menuju ke ruang kantor untuk menghitung hasil penjualan shiftnya
  3. Oknum operator shift 1 melakukan pengambilan uang penjualan untuk keperluan pribadi
  4. Oknum operator shift 1 akan mencoba mengelabui pemilik/manager/pengawas SPBU dengan cara mengambil uang penjualan shift 2 yang sedang berjalan di SPBU untuk menutupi uang setoran penjualan, sehingga uang yang disetorkan ke pengawas/manager/pemilik SPBU akan kelihatan cukup sesuai dengan totaliser penjualan shiftnya.
  5. Penjualan tunai shift 2 yang masih berjalan akan berkurang jumlahnya dan tidak lagi sesuai dengan totaliser penjualannya tanpa sepengetahuan pengawas/manager/pemilik SPBU.
  6. Hal tersebut di atas akan dapat terjadi terus menerus sehingga kekurangan uang tunai di pulau pompa SPBU akan terus terjadi.
  7. Untuk mencegah hal tersebut di atas perlu ketegasan dan tindakan pemilik/manager/pengawas SPBU berupa:
  • Setiap pengambilan tunai per shift harus disertai dengan Bukti Kas Keluar.
  • Menyiapkan uang kembalian dengan nominal kecil sesaat sebelum penjualan shift berakhir.
  • Usahakan operator shift 1 dan operator shift 2 yang sedang bertugas tidak bertemu langsung untuk menghindari kecurangan menutupi kekurangan uang tunai pada shift 1 yang telah kurang.
  • Perlu adanya pihak perantara untuk mengawasi pertukaran uang dengan alasan tidak ada uang nominal kecil di pulau pompa pada saat penjualan BBM shift 2.
  • Sidak khusus untuk menghitung penjualan BBM beberapa saat setelah penjualan shift baru oleh pemilik/manager/pengawas SPBU dengan cara membandingkan totaliser penjualan dengan jumlah uang tunai + nota yang ada di setiap pulau pompa.

Kiat pertama, keempat dan terakhir merupakan kiat yang sangat jitu untuk mencegah kecurangan yang dapat dilakukan oleh operator SPBU kaitannya dengan penjualan shift. Selamat mencoba.

Advertisements
This entry was posted in SPBU/Gas Station. Bookmark the permalink.